Jumat, 03 Desember 2010

Honda Bio Mobil Murah Honda Seharga 120 Jutaan


Setelah banyak diperbincangkan, mobil mungil Honda Brio akhirnya diperlihatkan di Thailand. Di Thailand mobil kecil ini memiliki harga cukup terjangkau yakni hanya 400.000 baht atau sekitar Rp 120 juta.

Mobil yang dibuat khusus untuk pasar Asia ini diperlihatkan di ajang Thailand International Motor Expo yang tengah berlangsung di Bangkok sampai 12 Desember 2010 nanti.

Rencananya selain akan memulai karir di Thailand, sebagai permulaan mobil murah Honda ini juga akan menjajal pasar India.

Menurut jadwal, Honda Brio akan memasuki pasar kedua negara itu pada bulan Maret 2011. Setelah itu Honda Brio pun akan pula menjajah pasar negara Asia lain termasuk Indonesia.

Mobil kecil Honda yang mobil konsepnya dinamai Honda Small Concept ini sempat dipajang saat Indonesia International Motor Show pertengahan tahun 2010 lalu.

PT Honda Prospect Motor pun sudah mengakui saat ini pihaknya sedang melakukan penjajakan terkait rencana masuknya Honda Brio ke pasar tanah air.

Namun meski sudah dipajang, belum jelas mesin apa yang akan disematkan di mobil ini. Tapi kabarnya, Honda Brio akan mengusung mesin 3 silinder hasil turunan dari mesin empat silinder berkapasitas 1.2 liter yang saat ini digendong Jazz.

Mesin tersebut kabarnya sangat efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Diperkirakan Honda Brio mampu mencatat angka konsumsi BBM 5 liter untuk 100 km.

Hal itu sangat penting agar mobil bermodel city car ini bisa lolos dari regulasi pemerintah Thailand yang menerapkan insentif terhadap mobil-mobil irit bahan bakar.

"Honda ingin memperluas kesenangan pelanggan di Thailand, India dan negara-negara Asia lainnya melalui pengenalan kendaraan kecil baru dengan kemasan kompak dan sangat efisien dengan memanfaatkan pengalaman kita sendiri yang digabungkan oleh bisnis sepeda motor di Asia," kata Presiden dan CEO Honda Motor, Takanobu Ito seperti detikOto kutip dari situs resmi Honda, Rabu (1/12/2010).

Namun langkah Honda Brio dipastikan tidak akan mudah. Sebab di kelas ini sudah bercokol lawan-lawan berat seperto Suzuki Swift, Volkswagen Polo, Ford Figo, KIA Picanto, Hyundai i10 dan Nissan Micra.

Rival Jepang terbesar Honda, Toyota pun sudah siap menggempur setelah lebih dahulu mengeluarkan Etios untuk pasar Asia.



detikoto.com