Senin, 08 Februari 2010

Honda Jazz Indonesia Lolos Recall


VIVA news - Honda resmi mengumumkan penarikan 646.000 tipe Jazz atau Fit dari seluruh dunia. Beruntung, tipe besutan tahun 2001-2008 yang 'terinfeksi' itu tidak ada yang berasal dari pabrikan Indonesia.

"Sudah dipastikan bahwa Jazz di Indonesia tidak ikut di-recall (ditarik)," kata Jonfis Fandy, Marketing Director Honda Prospect Motor, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 30 Januari 2010.

Honda Prospect Motor merupakan distributor resmi mobil Honda di Indonesia. Menurut Jonfis, produksi Honda Jazz dari Indonesia memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda.

Itulah yang membuat produksi dari Indonesia tidak ada satupun yang ditarik. Kantor Pusat Honda, menurut dia, memberikan kelonggaran bagi seluruh produsen di seluruh dunia untuk mengembangkan produk sesuai dengan karakteristik negara masing-masing.

"Seperti misalnya dengan radiator, untuk negara empat musim dengan negara tropis itu memiliki karakter yang berbeda," kata Jonfis.

Honda menemukan ada kesalahan produksi di bagian tombol jendela, yang jika kemasukan air bisa memicu arus pendek dan menyebabkan kebakaran.

Menurut Jonfis, master tombol yang teridentifikasi cacat itu memang berasal dari kantor pusat. Tetapi, untuk pengembangannya disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing.

"Jadi, master-nya memang dari pusat dan dikembangkan dengan iklim Indonesia," tegas dia. Untuk itu, Honda Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar keterangan resmi untuk meredam kepanikan konsumen dan calon pembeli.

"Pemilik tidak usah panik. Berita tentang ini memang benar. Tapi sudah bisa dipastikan penarikan itu tidak ada di Indonesia," kata Jonfis.

Seperti diketahui, Amerika Serikat sudah menyatakan resmi menarik sekitar 140.000 unit. Begitu juga dengan Inggris yang menyatakan akan menarik produk hatchbacks itu.

Penarikan ini salah satunya dipicu kejadian di Afrika Selatan yang terjadi pada September 2009. Peristiwa ini merenggut nyawa anak berumur dua tahun bernama Vanilla Nurse di Afrika Selatan. Vanilla sedang tidur saat mobil itu terbakar.


VIVANEWS.COM